cara menebalkan alis

5 Bahan Alami Ini Terbukti Dapat Menebalkan Alis dalam Waktu Singkat

Tren riasan alis kian bervariasi tiap tahunnya. Jika dulu alis dengan gaya menukik menjadi dambaan kaum hawa masa kini, tren alis bergelombang bak keris tiba-tiba muncul dan menjadi sensasi di kalangan warganet.

Memang, tidak salah jika sebagian besar wanita mendambakan alis tebal alami bak supermodel Cara Delevingne. Banyak orang bahkan rela menempuh prosedur sulam alis untuk mendapatkan alis tebal dan tahan lama. Selain memerlukan dana yang tidak sedikit, banyak orang justru merasa tidak puas dengan hasil sulam alisnya. Alhasil, mereka pun jadi tidak percaya diri.

Baca juga : Tips Memanjangkan Bulu Mata Tanpa Eyelash Extension

5 Cara Menebalkan Alis Secara Alami

Namun Anda tidak perlu khawatir, masih ada cara yang dapat dilakukan untuk menebalkan alis secara alami. Bahan-bahan alam yang aman dan berkhasiat hadir menawarkan solusi untuk membuat alis Anda tampak lebat dan hitam alami. Tertarik? Simak 5 cara menebalkan alis dengan bahan alami berikut ini.

  1. Minyak Kemiri

Sejak dulu hingga sekarang minyak kemiri selalu menjadi andalan ibu-ibu di seluruh Indonesia untuk merangsang pertumbuhan rambut bayi. Minyak kemiri, atau yang dikenal pula dengan nama kukui oil memiliki bahan aktif yang mampu membantu rambut dan alis tumbuh lebih cepat. Bahkan, menurut jurnal NCBI, minyak kemiri bermanfaat dalam perawatan psoriasis.

Khasiat minyak kemiri dalam menebalkan alis secara alami dapat Anda rasakan dengan mengoleskan minyak 2-3 kali dalam seminggu. Sebaiknya, gunakan minyak kemiri sebelum tidur dan diamkan semalaman agar zat aktif yang terkandung dalam minyak dapat bekerja secara efektif.

Baca juga : Pentingnya Menghapus Make Up Sebelum Tidur

  1. Masker Kuning Telur

Rambut memerlukan protein agar dapat tumbuh dengan subur. Kuning telur merupakan salah satu zat yang kaya akan protein, meskipun kandungannya tidak sebanyak bagian putihnya. Selain memiliki kandungan protein tinggi, kuning telur juga kaya akan vitamin D, yang berperan penting dalam pertumbuhan rambut dan organ tubuh penting lainnya, serta sulfur.

Meski baunya tidak sedap, kuning telur dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan alis lebih cepat berkat kombinasi zat protein dan vitamin D-nya.

Cara menebalkan alis dengan kuning telur ini dapat dilakukan dengan mengoleskan kuning telur yang sudah dihaluskan pada alis lalu diamkan hingga mengering selama 15-20 menit. Setelah mengering, bilas kuning telur dengan air dingin. Lakukan perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu demi hasil yang diinginkan.

Baca juga : Tips Mengatasi Jerawat Secara Alami

  1. Jus Bawang

Bawang memang punya aroma tajam menusuk hidung, tapi siapa sangka jika bumbu dapur ini ternyata baik untuk rambut dan alis Anda. Hasil studi dari British Journal of Medical Practitioners memaparkan bahwa jus bawang dapat digunakan dalam perawatan kerontokan rambut dan alis yang disebabkan alopecia aerataAlopecia aerata merupakan kelainan autoimun yang mengakibatkan kerontokan rambut di seluruh tubuh.

Menurut situs Medicalnewstoday.com, jus bawang terbukti efektif dalam mengatasi kerontokan rambut dan alis yang disebabkan alopecia aerata. Saat diujicobakan, peneliti menemukan bahwa 74 persen partisipan mengalami pertumbuhan rambut yang signifikan setelah melakukan terapi jus bawang selama satu bulan.

Anda pun dapat memanfaatkannya sebagai alternatif cara menebalkan alis. Caranya cukup dengan mengoleskan bawang yang sudah dileburkan pada alis sambil memijatnya selama lima menit dan biarkan bawang mengering. Setelah mengering, bersihkan sisa bawang dengan air dingin. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu hingga perubahan mulai terlihat.

Baca juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok

  1. Susu

Susu memiliki rangkaian nutrisi dan vitamin yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan organ tubuh, tak terkecuali rambut. Karena sangat mudah diaplikasikan, tentu tidak ada salahnya untuk mencoba dan mencari tahu sendiri seberapa efektif susu dalam menebalkan alis.

Cara menebalkan alis dengan susu dapat dilakukan dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi susu dan tepukkan secara perlahan pada alis. Diamkan selama beberapa menit hingga susu menyerap ke dalam pori-pori alis, lalu setelah mengering, Anda dapat membasuhnya dengan air hangat.

  1. Vitamin dan Makanan Bergizi

Konsumsi makanan bergizi seimbang dapat membantu memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kebutuhan nutrisi tubuh yang tercukupi pun sangat berpengaruh pada kesuburan rambut. Nah, untuk melengkapi terapi menebalkan alis secara alami, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, E, protein, zat besi, dan omega 3.

Baca juga : Manfaat Vitamin E Bagi Kulit dan Tubuh

Itulah beberapa cara menebalkan alis dengan bahan alami. Selama konsisten dalam menjaga asupan nutrisi, tubuh dan rambut sehat pun tidak sulit didapat.

Back to Articles