Tips dan Cara membantu anak adhd

10 Cara Untuk Memahami dan Membantu Anak ADHD

Tentu setiap orang tua adalah orang tua yang baik. Namun jika anak Anda memiliki Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), “baik” saja mungkin tidak cukup. Untuk memastikan bahwa anak Anda bisa bahagia dan menyesuaikan diri dengan baik sekarang dan di masa depan, dan menciptakan lingkungan rumah yang tenang untuknya, Anda harus menjadi orangtua yang hebat.

Untungnya, hal ini lebih mudah daripada apa yang Anda bayangkan untuk menjadi orang tua hebat bagi anak dengan ADHD. Yang dibutuhkan hanyalah beberapa penyesuaian kecil dalam strategi Anda untuk mengasuh serta membantu anak ADHD dan cara Anda berinteraksi dengan anak Anda. Berikut adalah tips bagaimana memahami dan membantu Anak ADHD.

Atur Jadwal Anda di Rumah

Siapkan waktu-waktu tertentu untuk bangun, makan, bermain, mengerjakan pekerjaan rumah, menonton TV atau bermain video game dan tidur. Tuliskan jadwal di papan tulis atau selembar kertas dan gantunglah di tempat dimana anak Anda akan selalu melihatnya. Jika anak Anda belum bisa membaca, gunakan gambar atau simbol untuk menunjukkan aktivitas setiap hari. Jelaskan perubahan rutinitas sebelumnya. Pastikan anak Anda memahami perubahannya.

Buat Peraturan di Rumah

Buatlah peraturan sederhana untuk mengontrol perilaku anak ADHD, peraturan yang jelas dan singkat. Penting untuk menjelaskan apa yang akan terjadi bila peraturan dipatuhi dan dilanggar. Tuliskan peraturan dan beserta hasilnya (Peraturan apa yang dipatuhi dan peraturan mana yang pernah dilanggar) dan pasang di samping jadwal yang sudah anda buat sebelumnya. Hukuman yang melanggar peraturan harus adil, cepat dan konsisten. Hal ini akan sangat membantu anak adhd agar mereka tidak mengulangi kesalahan mereka lagi kedepannya.

Menjadi Positif

Berhenti mengatakan apa kesalahannya, tapi beritahu ke anak Anda, apa yang anda inginkan darinya. Berikan reward kepada anak Anda secara teratur untuk perilaku yang baik, bahkan untuk hal-hal kecil seperti berpakaian dan menutup pintu dengan tenang. Anak-anak dengan ADHD sering menghabiskan sebagian besar waktunya untuk diberitahu apa yang mereka lakukan salah. Mereka perlu dipuji karena perilaku yang baik.

Pastikan Maksud Anda dipahami

Pertama, perhatikan anak Anda. Lihatlah langsung ke matanya. Kemudian beritahu anak Anda dengan suara yang jelas dan tenang, khususnya apa yang Anda inginkan. Mintalah anak Anda untuk mengulangi petunjuknya kembali kepada Anda. Biasanya lebih baik memberikan arahan yang sederhana dan pendek. Untuk tugas yang sulit, berikan hanya satu atau dua tugas pada satu waktu. Kemudian ucapkan selamat kepada anak Anda saat dia menyelesaikan setiap langkahnya.

Membantu anak adhd dengan nutrisi yang cukup

Memberikan Nutrisi yang Cukup

Nutrisi yang cukup merupakan hal yang sangat penting dalam membantu anak ADHD, karena mereka seringkali melakukan aktivitas yang sangat padat/hiperaktif. Jika nutrisi mereka tidak dipenuhi, maka daya tahan tubuh akan menurun dan mereka akan mudah jatuh sakit. Nutrisi yang cukup bisa didapat dari makanan, namun terkadang makanan saja tidaklah cukup. Pemberian vitamin herbal seperti Bio Strath yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, konsentrasi, serta perkembangan otak anak juga diperlukan untuk membantu anak ADHD agar mereka mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Konsistensi

Apa yang sudah Anda katakan, harus Anda lakukan. Mengulangi arahan dan permintaan berkali-kali tidak akan membuatnya berjalan dengan baik. Saat anak Anda melanggar peraturan, kasi peringatan dengan suara pelan. Jika peringatan itu tidak berhasil, ikuti dengan hukuman yang Anda janjikan. (Hindari hukuman fisik. Hal ini sering membuat keadaan menjadi lebih buruk).

Pastikan Seseorang Mengawasi Anak Anda Sepanjang Waktu

Karena mereka impulsif, anak-anak dengan ADHD membutuhkan pengawasan orang dewasa lebih banyak daripada anak seusianya. pastikan anak Anda diawasi oleh orang dewasa sepanjang hari.

Awasi Anak Anda Saat Bersama Teman-temannya

Sulit bagi anak-anak dengan ADHD untuk belajar keterampilan sosial dan peraturan sosial. Hati-hati memilih teman bermain untuk anak Anda. Anda bisa mengundang hanya satu atau dua teman sekaligus pada awalnya. Perhatikan mereka dengan seksama saat mereka bermain. Yang terpenting, jangan biarkan memukul, mendorong dan berteriak di rumah atau halaman Anda.

Membantu Anak ADHD dengan memberikan cukup istirahat

Membantu Kegiatan Sekolah

Persiapan sekolah pada pagi hari sulit bagi anak-anak dengan ADHD. Siapkan perlengkapan sekolahnya, pakain seragam, tas dan alat tulis menulis pada malam hari setelah dia tertidur. Berikan waktu yang cukup bagi anak Anda untuk berpakaian dan menyantap sarapan, terutama Jika anak Anda benar-benar lamban di pagi hari.

Mengatur Rutin Pekerjaan Rumah (PR)

Pilih tempat yang nyaman untuk mengerjakan pekerjaan rumah setiap harinya. Tempat ini harus jauh dari gangguan seperti aktivitas orang lain, televisi dan video game. Berikan anak camilan sepulang sekolah dan biarkan dia bermain selama beberapa menit, lalu mulailah untuk mengerjakan PR. Sering-seringlah ambil waktu sejenak untuk “beristirahat” yang memungkinkan anak Anda melakukan sesuatu yang menyenangkan.

Itulah beberapa tips bagaimana memahami dan Membantu Anak ADHD. Ini bukanlah pekerjaan yang mudah bagi setiap orang tua, dibutuhkan kesabaran dan ketekunan yang luar biasa untuk mendapatkan hasil terbaik untuk perkembangan anak ADHD. Perlu diingat bahwa ADHD bukanlah penghambat seseorang untuk menjadi sukses dalam hidupnya, hal ini terbukti dengan banyaknya tokoh-tokoh terkenal yang mengidap ADHD.

Back to Articles