Categories: Artikel Kesehatan

Tips Memanjangkan Bulu Mata Tanpa Perlu Eyelash Extension

Wanita mana yang tak mau punya bulu mata panjang, lentik, dan tebal? Bulu mata yang lentik mampu mempertegas kecantikan wajah seorang wanita. Tak heran jika banyak wanita yang merasa wajib memasukkan maskara dan bulu mata palsu ke dalam daftar riasan sehari-hari, bahkan sampai melakukan eyelash extension. Namun, tahukah Anda jika maskara dan eyelash extension bukanlah satu-satunya “senjata” ampuh untuk membuat bulu mata panjang dan lentik?

Ternyata, bulu mata yang panjang dan lentik pun dapat diperoleh dari perawatan dengan bahan-bahan alami, lo. Hasil yang akan didapat pun tentu lebih tahan lama dan aman. Lantas, bagaimana sih cara alami untuk memanjangkan bulu mata tanpa harus eyelash extension?

Baca juga : Waspadai Bahan Berbahaya Pada Produk Kecantikan Berikut Ini

5 Cara Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami

  1. Mengoleskan Petroleum Jelly

Belakangan ini banyak orang mengandalkan petroleum jelly untuk merawat kesehatan kulit. Faktanya, petroleum jelly tak hanya baik untuk menjaga kelembapan alami kulit. Rambut, alis, dan bulu mata pun dapat turut merasakan manfaat gel ajaib ini.

Pada awal abad 20, petroleum jelly banyak digunakan sebagai material produk perawatan rambut. Sifatnya yang lunak dan melembapkan membuat petroleum jelly mudah diaplikasikan pada rambut. Kini, petroleum jelly pun banyak digunakan untuk merawat kelentikan alami bulu mata. Mengoleskan petroleum jelly pada bagian alis dan bulu mata sebelum tidur dipercaya dapat membantu menciptakan kesan bulu mata yang lebih bervolume. Anda pun dapat menggunakan gel bening ini sebagai perekat bulu mata palsu.

Baca juga : Tips Menghilangkan Mata Panda

  1. Menggunakan Minyak Kelapa Murni

Virgin coconut oil (VCO) alias minyak kelapa murni terkenal akan kandungan mineral, vitamin E, dan nutrisi lainnya yang mampu melembapkan kulit sekaligus memanjangkan bulu mata.

Melansir laman diyremedies.org, minyak kelapa murni bekerja langsung di dalam pori-pori kulit untuk membantu merangsang pertumbuhan bulu mata. Material alami yang satu ini pun dapat bekerja secara efektif di permukaan kulit tanpa menyumbat pori-pori.

Selain ampuh sebagai salah satu cara memanjangkan bulu mata secara alami, kandungan keratin dan antioksidan dalam minyak kelapa murni pun dapat menjaga bulu mata agar tidak mudah rapuh.

Baca juga : Mengapa Harus Membersihkan Make Up Sebelum Tidur?

Bagaimana cara memanjangkan bulu mata dengan minyak kelapa murni? Mudah saja, Anda dapat mengombinasikan minyak kelapa murni dengan sari minyak lavendel ke dalam botol kecil dengan roller di atasnya. Oleskan serum minyak kelapa murni tersebut ke area kelopak mata secara perlahan lalu pijat dengan lembut selama 30-60 detik dan diamkan semalaman.

Selain mengoleskannya langsung ke area kelopak mata, Anda pun dapat menggunakan kapas lalu tepukkan ke daerah sekitar bulu mata secara perlahan. Perlu diingat, Anda hanya perlu menggunakan minyak kelapa murni maksimal 2 tetes untuk menghindari kontak minyak dengan kotoran di sekitar mata.

Baca juga : Cara Merawat Wajah Agar Tampil Awet Muda

  1. Gel Lidah Buaya

Dari dulu hingga kini, lidah buaya selalu menjadi bahan andalan dalam merawat kesehatan dan kesuburan rambut, bahkan bulu mata. Berdasarkan studi National Center for Biotechnology Information, daging lidah buaya yang berwarna bening mengandung vitamin A, C, dan E yang menyumbang peran penting dalam merawat kesehatan rambut dan bulu mata.

Vitamin B12 dan folic acid dalam lidah buaya pun mampu menjaga rambut dan bulu mata agar tidak mudah rontok. Untuk merasakan khasiatnya, oleskan potongan daging lidah buaya yang sudah dihaluskan pada bagian mata dengan menggunakan kapas atau cotton bud. Sensasi dingin gel lidah buaya dapat merelakskan otot-otot di sekitar kelopak mata sekaligus merangsang pertumbuhan bulu mata lebih cepat.

Baca juga : Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami

  1. Konsumsi Makanan Penyubur Rambut

Untuk mendapatkan rambut dan bulu mata yang panjang alami, Anda perlu memerhatikan asupan makanan sehari-hari. Bayam merupakan salah satu jenis sayur yang mampu menjaga kekuatan alami rambut berkat kandungan vitamin A, zat besi, dan beta karoten.

Konsumsi bayam yang dibarengi perawatan rambut dan bulu mata secara rutin mampu menjaga kekuatan dan kelembutan alami rambut. Selain bayam, kelompok makanan yang dikenal memiliki kandungan penyubur rambut alami meliputi jambu, salmon, Greek yogurt, dan kayu manis.

Baca juga : Cara Mengatasi Kulit Berminyak

  1. Rutin Memijat Area Kelopak Mata

Mata lelah sering kali berpengaruh langsung pada kerontokan bulu mata. Untuk itu, Anda perlu merelakskan mata dengan memijat area kelopak mata menggunakan jari telunjuk secara rutin. Anda juga dapat menggunakan minyak esensial sebagai bahan pelumas saat memijat area mata yang lelah.

Pijatan lembut pada area kelopak mata dapat membantu melancarkan aliran darah sekaligus merangsang pertumbuhan bulu mata lebih cepat.

Itulah 5 Cara memanjangkan bulu mata secara alami yang memang tidak dapat memberikan hasil yang cepat. Anda perlu konsisten melakukan perawatan agar hasil yang didapat pun lebih maksimal. Jadi, cara mana yang ingin Anda coba?

Baca juga : Kebiasaan Buruk Yang Membuat Kulit Wajah Kering

Back to Articles

Share
Published by
Harvest Supplement

Recent Posts

  • Artikel Kesehatan

Pilihan Makanan Untuk Sahur Yang Sehat

Bulan Ramadan sudah tinggal menghitung hari. Bagi umat muslim, berpuasa selama satu bulan penuh menjadi ibadah wajib yang harus dilakukan…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

‎Bunda, Begini Cara Memandikan Bayi yang Perlu Anda Perhatikan

Memandikan bayi yang baru lahir merupakan kegiatan yang mendebarkan bagi kedua orang tua. Karena masih sangat rentan dan peka, Anda…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Rahasia Puasa bagi Ibu Hamil Agar Tubuh Tetap Fit

Sudah siapkah Anda menyambut Ramadan tahun ini? Tentu banyak yang sudah tidak sabar untuk segera merasakan atmosfer Ramadan yang  khas…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Tips Memperbanyak dan Meningkatkan Kualitas Sperma

Jumlah dan kualitas sperma yang rendah dapat menghambat Anda untuk memiliki keturunan. Dalam dunia medis, kondisi tersebut dinamakan oligospermia. Produksi…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

‎Fakta Seputar Pompa ASI, Amankah untuk Sang Bunda?

ASI merupakan makanan pertama yang sekaligus menjadi nutrisi penting bagi bayi yang baru lahir. Pasalnya, cairan ini memiliki banyak kandungan…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Pilihan Menu Buka Puasa yang Baik untuk Kesehatan Anda

‎Berpuasa salama satu bulan penuh di bulan Ramadan merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan setiap umat muslim. Puasa sendiri merupakan…

1 tahun ago