cara diet cepat

6 Bahan Alami untuk Menahan Nafsu Makan

Berbagai macam produk penurun berat badan yang beredar di pasaran bekerja dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang dengan mengurangi nafsu makan, menghalangi penyerapan nutrisi tertentu, atau meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh.

Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai bahan-bahan alami yang terbukti ampuh mengurangi nafsu makan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Penasaran? Berikut adalah cara diet cepat dengan bahan alami yang dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Baca juga : Sudah Minum Obat Pelangsing Tapi Berat Badan Tidak Turun, Apa Yang Salah?

Cara Diet Cepat Dengan 6 Bahan Alami Penahan Nafsu Makan

  1. Gymnema Sylvestre

Gymnema sylvestre merupakan tanaman obat yang banyak tumbuh di hutan-hutan India. Menurut sebuah penelitian, kandungan asam gymnemic yang ada pada daun tanaman ini terbukti ampuh menghambat rasa manis makanan. Dengan kata lain, mengonsumsi Gymnema Sylvestre bisa mengurangi rasa gula di mulut dan melawan keinginan untuk mengonsumsi makanan lebih banyak, terutama makanan manis.

Studi lain yang dilakukan untuk menguji efek Gymnema Sylvestre pada orang-orang yang sedang berpuasa juga menemukan fakta bahwa mereka yang mengonsumsi herbal ini cenderung memiliki nafsu makan yang lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsi herbal tersebut.

  1. Ekstrak Teh Hijau

Di antara sekian banyak manfaat kesehatan yang dimilikinya, ekstrak teh hijau ternyata juga berkhasiat sebagai obat diet alami karena mengandung dua senyawa yang berkontribusi besar terhadap penurunan berat badan, yakni kafeina dan katekin.

Kafeina merupakan stimulan yang mampu meningkatkan pembakaran lemak dan menekan nafsu makan. Sementara, katekin merupakan senyawa yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi lemak.

Dalam ekstrak teh hijau, kedua zat tersebut bekerja sama untuk membuat tubuh lebih efektif dalam membakar kalori dan menurunkan berat badan. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 10 orang sehat menunjukkan bahwa kalori yang terbakar adalah sebanyak 4 persen lebih dari mereka yang tidak mengonsumsi ekstrak teh hijau.

Baca juga : Hindari Kebiasaan Penyebab Perut Buncit Berikut Ini

  1. Garnicia Cambogia

Garnicia vambogia merupakan buah yang banyak tumbuh di daerah tropis. Buah ini berbentuk seperti labu kecil dan memiliki warna hijau atau kuning. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Obesity, kulit dari buah garnicia cambogia memiliki banyak kandungan zat asam hidroksi (HCA) yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Sementara, dalam studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Clinical Pharmacology Research, peneliti menemukan bahwa buah Garnicia cambogia juga terbukti efektif dalam mengurangi nafsu makan dan menghambat produksi lemak.

Meski begitu, sebaiknya Anda tidak terlalu berlebihan dalam mengonsumsi Garnicia cambogia karena obat herbal ini mengandung beberapa efek samping, seperti sakit kepala, sakit perut, diare, serta mulut kering jika dikonsumsi secara berlebihan atau dalam jangka panjang.

  1. Yerba Mate

Yerba mate adalah minuman herbal yang berasal dari ekstrak daun pohon mate (Ilex paraguariensis) yang banyak ditemukan di hutan hujan Chile, Argentina, Brazil, Peru, Uruguay, serta Paraguay.

Sama seperti ekstrak teh hijau, daun pohon mate juga mengandung antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, dari mulai menurunkan berat badan secara alami, hingga mencegah penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Biological and Pharmaceutical Bulletin, peneliti menemukan bahwa mengonsumsi yerba mate secara rutin selama empat minggu dapat mengurangi asupan makanan dan membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Baca juga : Diet Sehat Bukan Berarti Menyiksa Tubuh!

  1. Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Sayangnya, banyak yang tidak tahu bahwa kandungan kafein dalam kopi sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, peneliti menemukan bahwa kopi dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan lemak dan kalori yang dibakar oleh tubuh.

Dalam penelitian yang lain, para ahli juga menemukan bahwa konsumsi kafein 30 menit sampai 4 jam sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan dan rasa lapar sehingga dapat membantu Anda melakukan program diet.

  1. Harvest Tummy Slim

Jika Anda sedang mencari cara diet cepat yang juga sehat, Anda bisa mencoba Harvest Tummy Slim, obat pelangsing berbahan dasar alami. Tummy Slim dengan komposisi seperti lidah buaya, daun senna, dan jati belanda; telah terbukti ampuh dalam menurunkan berat badan dengan cara menahan nafsu makan yang berlebih.

Nah, itulah beberapa cara diet cepat dengan bahan alami yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

Back to Articles