Cara Diet Alami Yang Sehat

Diet Sehat Bukan Berarti Menyiksa Tubuh!

Keinginan menjalani cara diet alami tidak terlepas dari meningkatnya kesadaran terhadap ancaman obesitas. Ancaman ini dipertegas grafik kegemukan yang menyerang penduduk usia 18 tahun ke atas. Dalam rilis Riset Kesehatan Nasional (Riskesnas) tahun 2016, grafik tersebut memperlihatkan kenaikan 5,3 persen.

Pada 2014, statistik yang disampaikan oleh jurnal Lancet dalam kajian “Global Burden of Disease”, menempatkan Indonesia dalam 10 besar negara yang memiliki tingkat obesitas tertinggi.

Beberapa Cara Diet Alami yang Mudah Anda Terapkan

Ancaman obesitas memang cukup mengkhawatirkan. Akan tetapi, kesempatan Anda untuk mencegah dan menanganinya jelas belum tertutup. Banyak orang yang menganggap diet yang sehat itu hal yang sulit, namun kenyataannya tidak demikian. Beberapa cara diet alami berikut ini bisa menjadi pilihan praktik yang sangat membantu.

  • Perbanyak Olahraga

Mengacu pada penghitungan Body Mass Index (BMI), seseorang dianggap memiliki kelebihan berat badan apabila kalori yang dikeluarkan tidak sebanding dengan yang masuk. Penumpukan kalori inilah yang menghasilkan lemak, sehingga penderita kelebihan berat badan memiliki kadar lemak hingga 20 persen lebih dari hitungan ideal.

Baca juga : Kesalahan Diet Yang Paling Sering Dilakukan Orang

Menjalankan diet alami dengan berolahraga sangat cocok bagi Anda yang kesulitan mengontrol asupan kalori. Cukup banyak pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan untuk membakar kalori dalam tubuh, di antaranya:

  1. Jalan Kaki

Dengan memilih pakaian olahraga dan alas kaki yang nyaman saja, Anda sudah bisa jalan kaki. Akan tetapi, pastikanlah untuk mengatur kecepatan agar pembakaran kalori dalam tubuh bisa berdampak maksimal.

  1. Lompat Tali

Dengan lompat tali Anda dapat membakar 850 kalori dalam waktu 1 jam. Pembakaran biasanya terjadi lebih cepat pada 10 menit pertama. Hal ini terjadi karena seluruh otot ikut bergerak, sehingga lompat tali selama 10 menit dianggap setara dengan joging selama 8 menit.

  1. Berenang

Salah satu olahraga terjadwal yang banyak disukai adalah berenang. Tanpa keluar banyak keringat sekaligus menyegarkan diri sambil main air, Anda bisa membakar 720-840 kalori dalam 1 jam renang. Jika dilakukan 3 kali seminggu, hasilnya bisa segera Anda rasakan dalam waktu singkat, bahkan pada satu bulan pertama.

  1. Bersepeda

Melalui proses oksidasi yang menghasilkan energi, timbunan lemak dalam tubuh pesepeda bisa membakar hingga 1000 kalori. Bersepeda selama 30 menit saja sudah dianggap setara dengan melakukan joging selama 20 menit. Anda bisa merasakan khasiatnya pada satu bulan pertama.

Cara Diet Alami Yang Sehat dengan yoga

  1. Yoga

Mengurangi berat badan ternyata tidak harus berkeringat dan menjalankan praktik yang berat berat. Dengan yoga, Anda bisa menggabungkan relaksasi diri sekaligus pembakaran kalori. Idealnya Anda mengambil kelas yoga agar mendapatkan pengetahuan lebih lengkap dari instruktur. Untuk melaksanakan secara mandiri, sebaiknya yoga dilakukan sebanyak 2-3 kali per minggu.

  • Kurangi Karbohidrat

Tidaklah mudah bagi masyarakat Indonesia untuk menghilangkan karbohidrat (seperti nasi) yang telah menjadi makanan pokok mereka. Namun mengurangi konsumsi karbohidrat merupakan salah satu cara paling efektif dalam menurunkan berat badan. Pilihan cara diet alami juga harus mempertimbangkan jenis dan porsi karbohidrat yang pas. Anda bisa mendukung rencana diet dengan memilih jenis karbohidrat kompleks yang membantu mengendalikan kadar gula darah.

Cara lain mengurangi karbohidrat dapat dilakukan dengan mengonsumsi menu camilan sehat, seperti:

  1. Apel dan Susu Tanpa Lemak

Kalori dan antioksidan yang rendah dari apel membuat buah ini menjadi pilihan yang tepat untuk pengganti karbohidrat. Dengan serat yang tinggi dan kaya vitamin, apel bisa dikombinasikan dengan protein dari susu agar mampu mempertahankan energi dalam tubuh dan mengurangi rasa lapar.

  1. Oatmeal dan Blueberry

Serat yang kaya juga bisa Anda dapatkan dari konsumsi oatmeal. Menu yang biasanya disajikan untuk sarapan ini memiliki manfaat yang baik untuk membantu mengatur kadar gula darah. Sementara rasa manis dari blueberry bisa menjadi penyedap sekaligus menjaga imunitas tubuh selama diet.

Cara Diet Alami Yang Sehat dengan oatmeal dan buah buahan

  1. Pisang dan Selai Kacang

Penelitian British Journal of Nutrition tahun 2013 mengungkapkan bahwa konsumsi selai kacang yang kaya protein, ketika sarapan, akan mampu menahan nafsu makan selama siang hari.

  1. Tahu Bumbu Miso

Dengan kandungan kalori tidak sampai 170 gram, menu ini sangat cocok untuk menjadi pengganti karbohidrat. Anda bisa melahapnya sebagai camilan maupun hidangan utama. Dengan bahan dasar yang kaya kedelai, tahu bumbu miso menjamin kebutuhan serat yang baik bagi diet Anda.

  • Konsumsi Ramuan Herbal

Sejak berabad lalu ramuan herbal telah terbukti berkhasiat bagi ketahanan dan pemulihan kondisi tubuh. Belakangan, herbal juga menjadi pilihan untuk menjalankan cara diet alami. Berikut ini ramuan herbal yang bisa Anda pilih:

  1. Kencur

Selain menjadi ramuan penghangat tubuh, tanaman ini merupakan bahan baku jamu tradisional. Bisa tumbuh di dataran rendah dan tinggi dengan tanah yang gembur, bagian paling bermanfaat dari kencur adalah rimpang atau umbinya.

  1. Jati Belanda

Daun jati belanda merupakan salah satu herbal yang patut Anda coba dalam upaya membantu menurunkan berat badan. Tanaman ini memiliki khasiat untuk menahan nafsu makan, sehingga dapat sangat membantu Anda yang sedang berusaha mendapatkan tubuh yang ideal. Saat ini, sudah ada beberapa suplemen penurun berat badan yang mengandung herbal ini, salah satunya adalah Tummy Slim.

  1. Jinten Hitam

Jinten hitam punya segudang khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Mulai dari kandungan asam amino, protein, polisakarida non stratch (serat diet), hingga omega 9. Jinten hitam juga bisa mengatasi berbagai penyakit sekaligus meningkatkan produksi energi.

Cara Diet Alami Yang Sehat dengan jahe

  1. Jahe

Meminum ramuan jahe setiap menjelang tidur dapat mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. Dengan kandungan metabolismenya, jahe juga mempercepat proses pembakaran kalori, menghindarkan perut buncit, serta melebarkan pembuluh darah.

  1. Kayu Manis

Dengan mengonsumsi kayu manis Anda bisa mengurangi rasa lapar dan mempercepat proses metabolisme lemak. Dalam penelitian yang dirilis Diabetes Care Jurnal tahun 2003, konsumsi enam gram kayu manis per hari akan membantu penurunan kadar glukosa hingga 29 persen.

Baca juga : Manfaat Kayu Manis Untuk Penderita Diabetes

Demikianlah pembahasan cara diet alami yang bisa Anda jalankan untuk mencegah dan menangani persoalan obesitas. Diet yang sehat bukanlah diet yang menyiksa, namun diperlukan niat dan disiplin yang tinggi agar Anda dapat sukses dalam memiliki tubuh yang sehat dan ideal.

Back to Articles