cara alami merawat wajah

Tampil Awet Muda Dengan Cara Ini

Setiap wanita pasti ingin tampil cantik dan memesona. Berbagai cara dilakukan untuk mencapai hal itu. Salah satunya dengan rajin merawat kulit wajah. Memiliki kulit wajah yang halus, lembut, tidak berkerut, putih, dan bersinar, adalah impian para wanita karena membuat penampilan terlihat lebih awet muda.

Lalu, bagaimana cara merawat wajah secara sehat dan alami? Setidaknya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk itu.

5 Cara Alami Merawat Wajah

  1. Kenali Jenis Kulit Wajah

Tahap awal sebelum mengetahui cara alami merawat wajah, yaitu mengenal jenis kulit Anda. Sangat penting untuk mengenali jenis kulit yang dimiliki supaya penanganan terhadap masalah kulit dapat dilakukan dengan cara yang benar. Secara umum, kulit dapat dikelompokkan dalam 4 jenis, yaitu kulit kering, kulit berminyak, kulit sensitif, dan kulit normal.

Kulit kering biasanya kurang elastis dibandingkan jenis kulit lain. Tampilannya cenderung kusam, berkerut, mudah iritasi, dan kasar. Apabila terpapar sinar matahari, mengalami perubahan cuaca, atau terkena kosmetik berlebihan, kondisi kulit akan semakin parah.

Sementara itu, kulit berminyak adalah kondisi kulit yang dapat berubah karena faktor stres, kelembapan, pubertas, maupun ketidakseimbangan hormon. Kulit sensitif biasanya sering mengalami gejala terbakar, kering, gatal, dan kemerahan. Kulit normal adalah jenis kulit wajah yang biasanya tidak terlalu bermasalah.

  1. Rajin Membersihkan Wajah

Setelah mengenali jenis kulit wajah, Anda akan lebih mudah menentukan bentuk perawatan yang tepat. Salah satu langkah awal yang perlu dilakukan sebagai cara alami merawat wajah adalah membersihkan wajah dengan teratur dan dengan cara yang benar.

Baca juga : Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Misalnya, untuk kulit wajah kering, Anda disarankan tidak melakukan gerakan menggosok saat membersihkan wajah. Setelah mencuci muka, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap. Untuk kulit berminyak, gunakanlah produk perawatan wajah yang tidak menyumbat pori-pori. Mencuci wajah setelah berkeringat sebaiknya dilakukan 2 kali sehari, jangan terlalu sering.

Sementara itu, bagi Anda yang berkulit sensitif, berhati-hatilah memilih produk perawatan wajah. Kandungan kimia yang terdapat di dalam produk justru dapat berpotensi menambah kerusakan kulit.

  1. Hindari Penggunaan Kosmetik Berlebihan

Sebagai upaya pencegahan, Anda dianjurkan untuk tidak menggunakan kosmetik berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama. Apabila selalu terpoles kosmetik, pori-pori wajah akan tertutup dan tidak bisa bernafas. Hal ini berdampak buruk terhadap kesehatan kulit.

Sebaiknya, segera bersihkan wajah setelah menggunakan kosmetik supaya kulit terhindar dari dampak buruk yang tidak diinginkan.

  1. Penuhi Asupan Vitamin E dan Herbal

Selain itu, Anda pun dapat melakukan perawatan kulit dari dalam tubuh. Caranya adalah dengan memenuhi kebutuhan tubuh terhadap asupan vitamin E. Perlu diketahui, vitamin E sangat penting untuk kesehatan tubuh, khususnya kulit.

Beberapa manfaat vitamin E adalah sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, mengurangi bekas luka pada kulit, memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, mencegah penuaan diri, mencegah munculnya flek hitam pada kulit wajah, menjaga keseimbangan kadar minyak di dalam kulit, serta mengurangi kehilangan air dari kulit transepidermal.

Sumber vitamin E adalah asparagus, almond, bayam, kale, kacang tanah, paprika, dan sebagainya. Vitamin E juga terdapat pada kulit manggis sehingga ekstraknya sering dimanfaatkan untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit dari dalam tubuh.

Selain kulit manggis, perawatan kulit bisa dilakukan dengan rajin mengonsumsi ekstrak daun sirih. Kandungan yang terdapat pada daun sirih bisa membantu menghaluskan kulit, mencegah dan menghilangkan jerawat, mengatasi kulit berminyak, serta mencerahkan kulit yang kusam. Beauty Golds merupakan produk dari Harvest Supplement yang mengandung ekstrak kulit manggis dan ekstrak daun sirih, berguna untuk menjaga kesehatan kulit wajah, mengatasi jerawat, dan keputihan dari dalam tubuh.

Baca juga : Atasi Keputihan Dengan Daun Sirih & Kayu Rapet

  1. Gunakan Masker Alami

Cara merawat wajah selanjutnya adalah dengan rajin menggunakan masker alami. Ada banyak bahan alami yang mudah dijumpai dan bisa diolah menjadi masker, misalnya, apel, wortel, pisang, tomat, mentimun, jeruk nipis, madu, minyak zaitun, susu, dan havermut.

Untuk membuat masker alami tidak terlalu sulit. Anda bisa langsung menggosokkannya pada kulit wajah atau menghaluskannya terlebih dahulu untuk memudahkan penggunaan.

Keuntungan menggunakan masker dari bahan-bahan alami adalah mudah didapat, harganya terjangkau, serta tidak ada efek samping. Jadi, bagi Anda yang berkulit sensitif, perawatan wajah dengan cara ini sangat sesuai.

Nah, demikian 5 cara alami merawat wajah yang bisa Anda terapkan supaya tetap terlihat awet muda. Cukup mudah, bukan?

Back to Articles