buah untuk asam urat

6 Buah yang Bermanfaat Bagi Penderita Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu gangguan sendi yang menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit mendadak pada persendian. Orang awam menyebut penyakit ini sebagai encok dandisebabkan oleh tingginya kadar uric acid (asam urat) pada darah yang mengkristal dan berkumpul di sekitar persendian.

Tingginya asam urat biasanya akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung purine. Purine sebenarnya merupakan zat alami yang juga diproduksi oleh tubuh kita. Jadi semakin sering seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung purine, semakin tinggi pula risiko untuk terkena penyakit asam urat.

Baca juga: Pola Hidup Sehat yang Harus Anda Mulai Sejak Dini

6 Buah untuk Asam Urat

Agar gejala asam urat tidak mengganggu kesehatan, perubahan gaya hidup dan pola makan sangat diperlukan. Termasuk memperbanyak konsumsi makanan yang dapat mengurang kadar uric acid pada darah. Konsumsi buah-buahan misalnya, menurut situs ini ada beberapa jenis buah yang sangat bermanfaat bagi penderita encok.

  1. Jeruk & Lemon

Buah-buahan seperti jeruk dan lemon sejak dulu dikenal kaya akan asam sitrat vitamin C yang mampu mengurangi kadar asam urat dalam darah secara efektif. Vitamin C sendiri sejak dulu sudah dikenal akan kemampuannya meningkatkan proses metabolisme asam urat sehingga kadar zat kimia tersebut dalam darah bisa berkurang drastis.

Baca juga : Gejala Asam Urat

  1. Apel

Dalam buah apel, terkandung bahan kimia bernama malic acid yang dipercaya dapat menurunkan dan menetralkan kadar asam urat dalam darah. Kandungan malic acid sendiri bisa didapatkan secara maksimal dari proses pengolahan apel menjadi cuka.

Selain dapat menurukan kadar asam urat, konsumsi cuka apel secara rutin juga dapat mencegah munculnya peradangan akibat penyakit encok, sekaligus membersihkan tubuh dari racun-racun penyebab penyakit lainnya.

Baca juga: Bahaya Kekurangan Vitamin B

  1. Berry

Sama seperti buah jeruk, buah-buahan yang termasuk tanaman perdu seperti stroberi, cranberry, dan bueberry juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan asam sitrat pada vitamin C dipercaya dapat menetralkan kadar uric acid dalam darah

Untuk mengonsumsi buah-buah lezat ini, Anda bisa memakannya langsung atau mengolahnya menjadi jus buah atau smoothies dan meminumnya secara rutin setiap hari.

Baca juga : Pantangan Asam Urat

  1. Buah Ceri

Dalam buah ceri terkandung anthocyanin yang dikenal bermanfaat mencegah peradangan pada sendi dan memiliki kemampuan mengurangi kadar asam urat. Bahkan menurut sebuah research, kandungan anthocyanin dapat mencegah asam urat mengkristal dan berkumpul di sekitar sendi.

Untuk terapi asam urat, penderita disarankan mengonsumsi buah ceri sekitar 200 gr sehari. Kandungan anthocyanin ternyata tidak hanya terdapat pada buah ceri saja lo, zat kimia ini juga bisa kita dapatkan dari buah-buahan berry dan ubi ungu.

Baca juga: Vitamin untuk Kulit Bersih dan Awet Muda 

  1. Pisang

Buah segala musim ini juga merupakan salah satu buah untuk asam urat yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar uric acid berlebih dalam tubuh. Tidak hanya itu, pisang juga dipercaya dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan pada sendi akibat asam urat.

Dengan rutin mengonsumsi pisang, gejala asam urat yang dialami lama kelamaan akan berkurang. Inilah mengapa dalam setiap menu diet asam urat, konsumsi 8 hingga 9 buah pisang sehari selama 3 sampai 4 hari sangat disarankan.

  1. Buah zaitun

Mengonsumsi buah zaitun atau olahan minyaknya pada masakan merupakan salah satu tips diet yang disarankan dokter bagi para penderita asam urat. Hal ini tidak lain karena zaitun memiliki zat antiperadangan alami dan kaya akan vitamin E. Di dunia kedokteran, vitamin E dipercaya dapat menurunkan sekaligus menetralkan kadar uric acid dalam darah.

Baca juga: Manfaat Vitamin E 400 IU untuk Kesehatan Tubuh

Nah, itulah 6 buah untuk asam urat yang dipercaya dapat membantu memulihkan peradangan dan rasa sakit pada persendian. Selain mengonsumsi buah-buahan tersebut, pembatasan konsumsi makanan yang mengandung purine (berbagai olahan jeroan, seafood, serta daging seperti abon, dendeng, atau kornet) dan olahraga teratur sangat disarankan.

Jadi, sudah siap memulai kembali hidup sehat dan bebas asam urat? Ayo, dimulai dari sekarang!

 Back to Articles