bolehkah-ibu-hamil-makan-mie-instan

Amankah Makan Mie Instan Selama Kehamilan? Ini Penjelasannya

Seberapa sering Anda mengonsumsi mie instan? Hati-hati, makanan berbahan dasar tepung ini bisa menimbulkan masalah kesehatan jika tidak diolah secara benar. Meskipun rasanya enak dan lezat, di dalamnya terkandung zat berbahaya.

Untuk mengurangi efek negatif mie instan, Anda harus mengikuti saran penyajian yang tertera di setiap bungkusnya. Ahli medis juga kerap menyarankan agar mengonsumsi mie bersama makanan lain.

Namun, apakah cara itu benar-benar aman untuk semua kalangan? Bolehkah ibu hamil makan mie instan? Temukan jawabannya di artikel ini.

Baca juga : Posisi Tidur Terbaik Bagi Ibu Hamil Muda

Fakta di Balik Kelezatan Mie Instan

Mie instan tidak hanya disukai orang Indonesia, tetapi juga hampir seluruh penduduk dunia. Menurut hasil riset yang dipublikasikan dalam National Center for Biotechnology Information, laki-laki lebih banyak mengonsumsi mie ketimbang perempuan.

Lalu, apakah mie instan disukai hanya karena kelezatan rasanya? Beberapa orang yang mengonsumsi makanan tersebut mengakui, mie mengandung karbohidrat. Jadi, mereka kerap menyantapnya sebagai pengganti nasi. Padahal, kandungan gizi di dalam mie belum mampu menyamai nutrisi makanan penuh.

Selain itu, satu bungkus mie instan mengandung natrium antara 600-1.500 mg. Kandungan tersebut disesuaikan dengan batas normal konsumsi natrium per hari, yaitu 1.500 mg. Namun faktanya, banyak orang yang mengonsumsi mie hingga 2-3 bungkus dalam sehari.

Baca juga : Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Dilansir dari situs Mom Junction; mie instan mengandung pati, minyak sawit, dan garam. Makanan ini disajikan bersama bumbu penyedap yang berbahan Monosodium Glutamate (MSG)—pengawet buatan—dan garam. Proses menghidangkannya sangat singkat, praktis, serta mudah.

Karena itu, Dr. Malik Haruna King—Nigerian Medical Doctor—mengelompokkan mie sebagai junk food atau makanan cepat saji. Melalui situs Ask Dr. Malik, ia menyampaikan bahaya terlalu sering mengonsumsi mie. Menurutnya, mie mengandung sodium tinggi, tetapi rendah serat, vitamin, dan mineral.

Jadi, dengan kandungan nutrisi yang tidak seimbang dan banyak pengawet, bolehkah ibu hamil makan mie instan? Sebaiknya dihindari, mengingat ada kandungan MSG di dalam makanan tersebut.

MSG bisa memberikan dampak negatif bagi ibu maupun janin. Meskipun dikonsumsi dalam batasan normal, tetap saja berbahaya. Masalah yang timbul bisa bermacam-macam; dari mulai gangguan jantung hingga perkembangan otak terhambat.

Baca juga : Bahaya MSG Bagi Kesehatan

5 Dampak Negatif Mengonsumsi Mie Instan bagi Ibu Hamil

Dilansir dari situs Being the Parent, berikut ini masalah kesehatan yang bisa menyerang ibu hamil jika mengonsumsi mie instan.

  1. Gangguan Pertumbuhan dan Kesehatan Janin

Mie instan mengandung MSG yang bisa terserap ke dalam plasenta. Itulah sebabnya, pertumbuhan janin dapat terganggu. Jenis gangguan tersebut antara lain, otak tidak dapat berkembang, kecerdasan menurun, hingga cacat fisik. Berdasarkan riset Mayo Clinic, MSG juga mampu melemahkan sistem kekebalan tubuh dan mengakibatkan penyakit kardiovaskular.

Baca juga : Tips Mempersiapkan Bayi Sehat dan Cerdas Sejak Dalam Kandungan

  1. Tekanan Darah Tinggi

Bumbu mie instan mengandung MSG dan garam yang disatukan dalam satu bungkus. Padahal, kedua senyawa ini merupakan sumber natrium tertinggi. Sementara natrium bisa menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi.

Dalam garam, kandungan natriumnya mencapai 40 persen, sedangkan MSG hanya 14 persen. Jika kedua zat tersebut dikombinasikan, bisa menimbulkan bahaya bagi ibu hamil.

Baca juga : 7 Keluhan Ibu Hamil Yang Sering Dialami dan Cara Mengatasinya

  1. Terkena Penyakit Lambung

Pernahkah Anda merasa mual dan pusing setelah mengonsumsi mie instan? Itulah salah satu tanda awal penyakit lambung. Indikasi tersebut berawal dari zat kimia yang menginfeksi dinding lambung.

Akibatnya, kadar asam lambung menjadi naik. Karena itu, muncul rasa mual, panas, nyeri, dan melilit. Kadang-kadang disertai gejala sembelit.

Baca juga : Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

  1. Kegemukan pada Ibu Hamil

Kandungan kalori dalam mie instan lebih tinggi ketimbang nasi. Jika nasi putih hanya sekitar 91 kalori, mie bisa mencapai 370 kalori. Karena itu, mengonsumsi makanan tersebut menjadikan tubuh cepat gemuk kalau tidak dibarengi aktivitas fisik.

Baca juga : Olahraga Yang Aman Dilakukan Ketika Hamil

  1. Gangguan Pencernaan

Saat mie instan masuk ke dalam lambung, tidak lantas dicerna oleh sistem pencernaan. Akibatnya, saluran cerna bekerja sangat lama untuk memproses makanan ini.

Akibat lamanya proses tersebut, asupan nutrisi mie instan belum bisa diserap oleh tubuh. Karena itu, terjadi gangguan pencernaan, seperti susah buang air besar, sakit perut, atau diare. Pun ditambah kandungan serat dalam mie sangat rendah. Dengan demikian, gangguan saluran cerna menjadi makin kompleks.

Setelah membaca ulasan di atas, Anda tak perlu lagi melontarkan pertanyaan; bolehkah ibu hamil makan mie instan? Pasalnya, ahli medis pun pasti tidak menyarankan untuk mengonsumsi mie instan selama kehamilan.

Baca juga : Keputihan Saat Hamil, Wajarkah?

Back to Articles