batas normal kolesterol

Batas Normal Kolesterol Yang Harus Anda Ketahui

Sudahkah Anda mengecek kadar kolesterol di dalam tubuh? Jika belum, cobalah mengingat kembali jenis makanan yang dikonsumsi beberapa bulan ini. Juga telaah gaya hidup Anda setiap hari; dari mulai pola istirahat hingga olahraga.

Lantas, mengapa harus melakukan hal-hal di atas? Batas normal kolesterol sangat dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari, kalau Anda pandai memilih makanan dan tidak malas bergerak, kadar kolesterol pasti tetap seimbang.

Nah, jika yang diterapkan kebiasaan buruk, Anda bisa terserang berbagai masalah kesehatan. Dari mulai kolesterol tinggi, penyakit jantung, hingga stroke. Karena itu, ketahui batas normal kolesterol untuk mencegah munculnya penyakit mematikan.

Apakah Kolesterol Itu?

Pada dasarnya, kolesterol merupakan hasil metabolisme yang mengandung molekul lemak. Senyawa kimia ini bisa ditemukan dalam membran sel. Sirkulasinya melalui aliran plasma darah.

Kolesterol juga termasuk jenis lipid yang dikenal dengan sebutan steroid. Struktur kimia steroid terdiri dari 4 cincin dan 17 atom karbon. Zat lemak ini tidak larut dalam air, tetapi mudah terikat serat.

Untuk menurunkan kadar kolesterol, bisa dengan mengonsumsi makanan berserat. Namun, pilihlah kandungan serat yang larut dalam air, semisal oatmeal. Berdasarkan hasil riset yang ditayangkan dalam Nutrition Jurnal, 3-4 gram serat oatmeal mampu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 4-6 persen.

Baca juga : 5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Berapa Batas Normal Kolesterol?

Dilansir dari artikel kesehatan di situs Medlineplus.gov, setiap orang dewasa yang berumur 20 tahun harus memeriksakan kadar kolesterol secara rutin. Minimal, mereka melakukannya lima tahun sekali. Dari pemeriksaan tersebut, Anda akan mengetahui, seberapa tinggi kadar kolesterol dalam darah.

Lalu, berapakah batas normal kolesterol yang semestinya? David L. Katz, MD, MPH, FACPM, FACP., dari Yale University School of Medicine menuliskan review seputar kadar kolesterol di situs Healthywomen.org. Menurutnya, ada empat batas normal yang ditetapkan oleh National Cholesterol Education Program (NCEP).

  • Total Kadar Kolesterol Darah

Total kadar kolesterol merupakan hasil penjumlahan angka LDL, HDL, dan trigliserida. Pemeriksaan menyeluruh ini bertujuan untuk menganalisis risiko penyakit pada seseorang. Semisal, kardiovaskular, gangguan arteri, dan diabetes.

Penulisan kadar kolesterol berupa angka dengan satuan milligram per desiliter darah. Berikut ini batas normal total kolesterol untuk orang dewasa.

Kadar

Kategori

< 200 mg/dLNormal
200-239 mg/dLSedang
> 240 mg/dLTinggi
  • Low Density Lipoprotein (LDL)

LDL disebut juga kolesterol jahat. Pasalnya, kadar kolesterol ini paling tinggi dibandingkan HDL maupun trigliserida. LDL kerap menempel di dinding pembuluh darah sehingga menghambat sirkulasi.

Jika dibiarkan menumpuk, LDL bisa menimbulkan plak. Inilah yang menjadi pemicu awal serangan jantung dan penyempitan pembuluh darah (stroke). Karena itu, selalu jaga batas normal LDL sesuai tabel berikut.

Kadar

Kategori

< 70 mg/dLNormal─untuk penderita penyakit jantung
< 100 mg/dLNormal
100-129 mg/dLSedang
130-159 mg/dLBatas tinggi
160-189 mg/dLTinggi
> 190 mg/dLSangat tinggi
  • High Density Lipoprotein (HDL)

HDL merupakan kolesterol baik yang mengandung protein tinggi. Senyawa ini beredar melalui aliran darah dan menyerap kolesterol jahat. Kemudian, LDL ditransportasikan ke liver untuk dilepaskan.

Itulah sebabnya, HDL mampu mencegah pengendapan atau plak dalam pembuluh darah. Berikut ini batas normal HDL yang harus Anda ketahui.

Baca juga : Seberapa Tinggi Tekanan Darah Sampai Disebut Hipertensi?

Kadar

Kategori

> 60 mg/dLNormal─untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Semakin tinggi levelnya, justru berdampak baik bagi penderita kelainan jantung.
50-60 mg/dLNormal─untuk wanita.
40-50 mg/dLNormal─untuk pria.
<50 mg/dLRendah─untuk wanita.
<40 mg/dLRendah─untuk pria.
  • Trigliserida

Jenis kolesterol yang terakhir adalah trigliserida. Senyawa ini tersusun atas tiga asam lemak dan ester dari gliserol. Trigliserida dibentuk oleh makanan yang Anda cerna.

Jika asupan kalori atau gula masuk ke dalam tubuh Anda, keduanya diubah menjadi trigliserida. Manakala jumlah trigliserida berlebihan, bisa memicu penyakit kardiovaskular atau kelainan jantung. Jadi, pastikan batas normal trigliserida tetap seimbang sesuai pedoman di bawah ini.

Kadar

Kategori

> 150 mg/dLNormal
150-199 mg/dLBatas tinggi
200-499 mg/dLTinggi
> 500 mg/dLSangat tinggi

Bagaimana Menjaga Keseimbangan Kadar Kolesterol dalam Tubuh?

Banyak cara menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh Anda. Semisal, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung fitosterol. Secara alami zat tersebut akan bersaing dengan kolesterol jahat di dalam usus.

Zat fitosterol bisa diperoleh dari minyak nabati, kacang-kacangan, atau buah segar. Selain itu, Anda juga harus memperbanyak konsumsi serat terlarut dalam air, protein kedelai, serta makanan yang mengandung omega-3.

Demikian ulasan mengenai batas normal kolesterol yang harus Anda pahami sejak dini. Yuk, terapkan pola hidup sehat supaya terhindar dari serangan kolesterol jahat!

Back to Articles