eyelash extensions

Amankah Menggunakan Eyelash Extensions?

Belakangan ini, eyelash extensions banyak digemari kaum hawa. Keinginan memiliki bulu mata lentik dan lebat tanpa harus repot menggunakan maskara atau bulu mata palsu menjadi alasan utamanya.

Tingginya minat terhadap eyelash extension ini turut membuat salon dan klinik kecantikan saling berlomba menawarkan layanan cangkok bulu mata tersebut. Meski menjanjikan tampilan bulu mata yang cantik dan lebat, ternyata pemasangan eyelash extension pun tak luput dari sejumlah kontroversi.

Baca juga : Cara Membuat Bulu Mata Lentik Secara Alami

Kontroversi Penggunaan Eyelash Extension

Dilansir dari Fox News, seorang remaja berusia 20 tahun asal Kanada bernama Isabelle Kun mengalami pembengkakan pada area mata akibat reaksi alergi perekat eyelash extension.  Isabelle mengaku matanya kian membengkak dan penglihatannya pun kabur beberapa hari setelah pemasangan eyelash extensions. Isabelle Kun tentu hanya satu dari sekian penderita kasus malfungsi eyelash extension yang harus menanggung risiko kesehatan.

Kejadian tersebut tentunya menuntut kita untuk lebih waspada dalam memilih tempat pemasangan eyelash extension serta penggunaan bahan-bahan kimia dalam perekat bulu mata. Nah, jika Anda berminat untuk melakukan pemasangan eyelash extension, ada baiknya untuk menyimak plus minusnya berikut ini.

Baca juga : Alasan Mengapa Harus Menghapus Make Up Sebelum Tidur

Keunggulan Menggunakan Eyelash Extensions

Eyelash extension banyak digemari wanita bukan tanpa alasan. Di balik prosesnya yang lumayan rumit, ada beberapa nilai plus yang dimiliki eyelash extensions, seperti:

  • Bulu Mata Tampak Lentik Alami

Dengan eyelash extension, Anda dapat memiliki bulu mata panjang dan lentik tanpa harus berlama-lama merias diri di depan cermin sambil menggunakan maskara. Panjang-pendek serta tebal-tipisnya bulu mata pun dapat Anda tentukan sendiri, loh. Jadi, Anda dapat tampil cantik dengan bulu mata yang diinginkan. Namun, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mata, ya, agar tidak timbul risiko iritasi akibat kontaminasi bahan perekat eyelash extensions dengan minyak dan kotoran di sekitar mata.

Baca juga : Daftar Bahan Kimia Dalam Produk Kecantikan

  • Tidak Perlu Lagi Menggunakan Riasan Mata Lengkap

Kelebihan lain yang dimiliki eyelash extensions adalah Anda jadi tidak perlu menggunakan riasan mata komplit seperti eyeshadow, eyeliner, serta maskara. Adanya eyelash extension sudah cukup membuat mata Anda tampak menawan.

  • Tahan Lama

Bulu mata ekstensi dapat bertahan selama 2-4 minggu, tergantung jenis perekat dan proses pengerjaannya. Selama tidak terlalu sering terkena air, Anda tidak perlu mengganti eyelash extension setiap minggu. Agar eyelash extension tetap awet, usahakan untuk mencuci wajah, terutama daerah mata, dengan lebih berhati-hati.

Baca juga : Tips Alami Mengatasi Wajah Berjerawat

Bahaya Eyelash Extensions Yang Perlu Diwaspadai

Selain memiliki keunggulan, penggunaan eyelash extensions pun memiliki beberapa bahaya yang perlu diwaspadai, seperti:

  • Perekat Bulu Mata Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Reaksi alergi terhadap bahan perekat bulu mata seperti yang dialami Isabelle Kun pada cerita di atas menjadi peringatan untuk lebih berhati-hati dalam memilih bahan perekat. Beberapa zat perekat banyak mengandung formaldehyde yang menjadi aktor utama penyebab timbulnya reaksi alergi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Environmental Protection Agency, formaldehyde memiliki sifat gas yang mudah terbakar. Seseorang yang mengalami kontak langsung dengan formaldehyde akan mengalami iritasi pada kulit, mata, dan tenggorokan. Penggunaan formaldehyde dalam konsentrasi tinggi bahkan dapat berpotensi menyebabkan kanker.

Baca juga : Seputar Kanker Serviks Yang Harus Anda Ketahui

  • Meningkatkan Risiko Kerontokan Bulu Mata

Health.com memaparkan, pencabutan bulu mata asli kerap dilakukan dalam proses pemasangan eyelash extension. Proses pencabutan bulu mata itulah yang berpotensi menyebabkan bulu mata jadi mudah rontok, atau bahkan sulit tumbuh kembali secara alami. Bahkan, jika pencabutan bulu mata dilakukan dengan kasar, kelopak mata justru akan mengalami stres yang dapat berimbas pada munculnya pembengkakan.

  • Sarang bakteri

Dr. Amy Zhang, dokter spesialis mata di University Hospitals Case Medical Center, Cleveland, menuturkan bahwa eyelash extension dapat merangsang pertumbuhan bakteri yang hidup di sekitar bulu mata. Hal tersebut tentunya dapat meningkatkan iritasi mata, terlebih jika Anda sungkan untuk merawat dan membersihkan area kelopak mata secara rutin.

Banyak pengguna yang enggan menyentuh atau bahkan membersihkan eyelash extensions dengan benar karena takut bulu matanya rusak. Kebiasaan itulah yang menyebabkan bakteri makin subur bersarang di area bulu mata. Jika kondisinya sudah parah, area kelopak mata akan terasa gatal dan bahkan berlendir.

Baca juga : Cara Alami Memanjangkan Bulu Mata

Penggunaan eyelash extension memiliki risiko yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda memperhatikan reputasi klinik atau salon kecantikan, peralatan, serta bahan kimia yang dilibatkan dalam proses pencangkokan eyelash extension.

Setelah mengetahui dampak baik dan buruk menggunakan eyelash extension diatas, apakah Anda masih menginginkannya?

Back to Articles