Produk Kecantikan Jaman NOW

Inilah Daftar Kandungan Berbahaya Dalam Berbagai Jenis Produk Kecantikan

Saat ini, ada banyak sekali produk kecantikan yang beredar di pasar. Namun, sebagian besar mengandung zat-zat aktif yang terbuat dari bahan kimia. Meskipun terkesan efektif untuk perawatan kulit dan kecantikan, bahan-bahan ini ternyata memiliki dampak yang buruk pada kesehatan tubuh, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Nah, tugas Anda adalah memastikan produk kecantikan yang digunakan tersebut tidak mengandung bahan kimia. Dikutip dari website Environmental Working Group (EWG), yaitu organisasi nonprofit yang bergerak di bidang lingkungan dan kesehatan, ada beberapa bahan kimia yang perlu dihindari dari produk kecantikan.

Bahan Berbahaya dalam Produk Kecantikan

  • Skin Moisturizer

Ada beberapa bahan kimia yang sebaiknya dihindari pada sabun, yaitu triclosan dan triclocarban. Untuk skin moisturizer dan produk yang diaplikasikan ke bibir, hindari retinyl palmitate, retinoic acid, retinyl acetate, dan retinol pada produk yang digunakan sehari-hari.

Baca juga: Penyebab Kulit Wajah Kering

  • Sunscreen

Untuk sunscreen, hindari produk yang mengandung SPF di atas 50, retinyl palmitate, aerosol spray dan powder sunscreen, serta oxybenzone. Namun, gunakanlah produk yang mengandung Zinc Oxide atau Titanium Dioxide. SPF yang diizinkan adalah 15-50 tergantung pada warna kulit dan waktu beraktivitas di luar ruangan.

  • Perawatan Rambut dan Gigi

Untuk perawatan rambut, hindari atau batasi penggunaan pewarna rambut berwarna hitam dan pelurus rambut dari bahan-bahan kimia. Untuk pasta gigi, hindari triclosan.

  • Perawatan Kuku

Untuk kuku, hindari produk yang mengandung formaldehyde atau formalin untuk segala produk yang digunakan. Hindari juga toluene dan dibutyl phthalate (DBP). Jika Anda dalam keadaan hamil, hindari juga segala produk pembersih kuku.

  • Perawatan Wajah Berjerawat

Wanita biasanya menggunakan banyak produk kosmetik untuk mengatasi masalah jerawat dalam keseharian. Beberapa bahan kimia yang harus dihindari pada produk untuk perawatan wajah berjerawat adalah triclosan, parabens, dan PEG.

Baca juga : Cara Alami Mengatasi Jerawat

  • Parfum dan Make Up

Pada umumnya, wanita menggunakan sekitar 12 produk kecantikan setiap harinya. Semuanya terdiri minimal dari 168 jenis bahan kimia yang didesain untuk masuk ke dalam kulit. Masalahnya, apakah hal ini tidak berbahaya secara biologis?

Untuk parfum, cologne, dan body spray, hindari diethyl phthalate. Untuk make up, hindari vitamin A yang biasanya dinamakan retinol, retinyl palmitate, dan retinyl acetate pada kulit serta produk untuk bibir.

Pada beberapa studi, diketahui muncul masalah hormon kewanitaan pada anak laki-laki di Amerika karena bahan kimia pewangi bernama diethyl phthalate.

  • Produk Anti-aging

Untuk produk anti aging, Anda harus menghindari alpha dan beta hydroxy acids (lactic acid dan glycolic acid). Studi yang dilakukan Food and Drug Administration (FDA) mengungkap terjadi masalah kesehatan ganda pada seseorang yang terpapar sinar matahari dan menggunakan produk yang mengandung alpha hydroxy acid.

Baca juga: Cara Alami Merawat Wajah

  • Produk Perawatan Rambut

Untuk pewarna rambut, kurangi penggunaan pewarna rambut hitam permanen. Kebanyakan produk ini menggunakan tar, yaitu aminophenol, diaminobenzene, dan phenylenediamine, yang dikaitkan dengan kanker.

  • Produk Pencerah Wajah

Hindari juga menggunakan hydroquinone sebagai pencerah wajah. FDA mengungkapkan bahwa pemutihan kulit dengan cara kimia ini dapat menyebabkan masalah kulit yang disebut ochronosis.

Pencerah kulit yang diimpor secara ilegal kadang-kadang mengandung merkuri. Ini dapat meracuni orang dewasa dan anak-anak. Bahkan, sangat berbahaya jika dialami oleh ibu hamil. Jadi, jangan beli produk yang tidak dilabeli dengan benar.  Hindari produk yang disebut mercury, calomel, mercurio, dan mercurio chloride.

  • Lipstick & Eyeshadow

The National Toxicology Program mengelompokkan butylated hydroxyanisole (BHA) sebagai penyebab karsinogen. Ini dapat menyebabkan depigmentasi kulit. Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan BHA sebagai penyebab kerusakan hati dan kanker perut serta mengganggu perkembangan sistem reproduksi normal. Kandungan BHA biasanya ditemukan di lipstick dan eyeshadow.

Baca juga: Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kesuburan Pria

Nah, supaya lebih aman, pilihlah jenis kosmetik yang memiliki label jelas dan resmi. Teliti pula kandungan produk melalui kemasannya. Salah satu kandungan produk kecantikan yang tidak berbahaya adalah Vitamin E. Vitamin ini merupakan bahan alami sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan.

Dengan mengenal berbagai bahan kimia berbahaya yang terdapat pada produk kecantikan, Anda pun bisa lebih waspada saat memilih jenis terbaik untuk merawat tubuh atau mempercantik wajah.

Baca juga: Manfaat Vitamin-E untuk Kesehatan Kulit

Back to Articles