10 bahan alami pelancar bab

10 Bahan Alami Yang Terbukti Dapat Memperlancar BAB!

Anda sedang terserang sembelit? Pastinya, kondisi tersebut sangat menganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan, membuat tubuh lemas, kurang bergairah, serta menurunkan nafsu makan.

Dilansir dari situs 1health.id, jika konstipasi tidak segera diatasi, bisa menyebabkan wasir. Para ahli kesehatan dari University of Tennesee juga mengatakan bahwa veteran US yang mengidap konstipasi kerap mengalami gagal ginjal.

Baca juga: 30 Tanaman Herbal untuk Menjaga Kesehatan

Nah, untuk mengatasinya, berikut ini adalah 10 tanaman herbal yang paling mujarab untuk masalah konstipasi. Yuk, simak pembahasannya!

10 Bahan Alami Pelancar BAB

1. Lidah Buaya

Sebelumnya, lidah buaya dikenal sebagai penyubur rambut dan ramuan kecantikan. Namun, sebuah penelitian menemukan adanya kandungan zat pencahar, antrakuinon, dalam gel tanaman ini. Dengan demikian, lidah buaya juga bisa menyembuhkan sembelit, menormalkan pencernaan, dan menyeimbangkan pH.

Untuk obat pelancar BAB, ambil sebatang lidah buaya. Kemudian, cuci seluruh bagian sampai bersih. Setelah itu, kupas bagian kulit dan potong isinya. Supaya lebih enak, Anda bisa mencampurkan potongan tersebut dengan air panas dan madu.

2. Daun Jati Cina

Daun Jati Cina merupakan tanaman yang berasal dari daratan Amerika dengan ciri khas bunga berwarna kuning. Bagian daunnya dipercaya mampu menyembuhkan konstipasi dengan cepat karena bersifat laksatif.

Cara membuat ramuannya, siapkan daun ketepeng cina muda sekitar 6-7 lembar. Lalu, rebus daun tersebut di dalam panci berisi air sebanyak dua gelas. Pastikan, air itu tersisa satu gelas ketika mendidih.

Bagi Anda yang tidak ingin repot, Anda bisa mencoba Oyama Slim Tea, teh herbal yang mengkombinasikan daun jati cina, teh hijau, dan rosella telah terbukti ampuh untuk pelancar BAB.

3. Buah Mengkudu

Meski sedikit orang yang menyukai mengkudu, buah ini memiliki banyak khasiat. Terutama untuk melacarkan BAB. karena di dalam mengkudu terdapat kandungan morindon; zat pencahar yang paling ampuh.

Baca juga : Makanan dan Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Sembelit

Membuat ramuan dari buah mengkudu sangatlah mudah. Caranya, ambil 1-2 mengkudu yang sudah masak untuk diparut sampai halus. Kemudian, taburkan garam secukupnya. Setelah itu, ambil air dari hasil perasan ampas tersebut.

4. Temulawak

Anda pernah minum jamu temulawak? Ternyata, temulawak tidak hanya bermanfaat untuk menambah nafsu makan. Tanaman temu-temuan ini pun mampu mengatasi sembelit secara alami.

Temulawak dikonsumsi dengan cara diambil airnya. Anda bisa mencampurkannya dalam segelas air hangat, asam dan gula jawa.

5. Buah Pepaya

Buah yang satu ini sudah tidak diragukan lagi khasiatnya sebagai obat konstipasi. Setiap 100 gram buah pepaya mengandung 1,7 gram serat alami. Kandungan papain di dalamnya pun mampu membunuh bakteri berbahaya di saluran pencernaan.

Anda bisa mengonsumsi buah ini secara langsung ataupun dijadikan jus. Namun, pastikan pepaya tersebut sudah mencapai tingkat kematangan yang sempurna karena pepaya yang masih muda merupakan penyebab sembelit.

6. Daun Wungu

Daun wungu adalah tanaman dari tanah Papua Nugini. Disebut “wungu” karena daunnya berwarna ungu dengan bunga majemuk. Dalam daun wungu terdapat zat saponin yang bermanfaat untuk pelancar BAB.

Untuk mengatasi sembelit, siapkan 6-7 lembar daun wungu segar. Cuci daun tersebut sampai bersih, lalu rebus dalam dua gelas air. Setelah mendidih, angkat air rebusannya dan pastikan tersisa satu gelas.

7. Daun Kecibeling 

Anda pernah melihat daun kecibeling? Tumbuhan ini berasal dari daratan Madagaskar yang menyebar ke Indonesia. Tingginya mencapai 2 meter dengan batang beruas, berdaun tunggal, serta memiliki bunga majemuk.

Daun kecibeling mengandung zat yang bersifat laksatif. Karena itu, bisa menjadi obat sembelit. Cara mengonsumsi daun ini, yaitu dengan minum air rebusannya sebanyak satu gelas.

Baca juga : 15 Gejala Sembelit Kronis

8. Buah Lemon

Buah lemon atau jeruk sitrun mengandung vitamin C dosis tinggi. Karena itu, dengan mengonsumsi lemon bisa membantu penyembuhan sembelit. Menurut studi Jane Higdon, ahli nutrisi dari Oregon State University, vitamin C mampu meminimalkan risiko kanker dan melancarkan pencernaan.

9. Buah Prune 

Bagi sebagian orang, nama buah prune pasti terdengar asing. Pasalnya, buah ini merupakan hasil impor yang disajikan dalam bentuk kering. Anda bisa mengolahnya menjadi bentuk jus jika kurang suka dengan tekstur tersebut.

Buah prune mengandung sorbitol; zat untuk melembutkan tinja. Senyawa ini pun mampu merangsang kinerja usus. Itulah sebabnya, dengan mengonsumsi prune, konstipasi bisa sembuh secara bertahap.

10. Buah Tomat

Siapa yang tidak mengenal tomat? Buah ini mengandung banyak serat dan vitamin C. Jika dikonsumsi secara rutin, bisa melancarkan proses metabolisme.

Untuk mengobati sembelit, buah tomat dapat dikonsumsi secara langsung. Pun bisa dibuat jus dengan menambahkan sedikit air.

Menurut Dr. Leane Suniar Mamurang, M.Sc, sebaiknya mengonsumsi buah tomat berwarna merah. Pasalnya, kandungan vitamin C di dalamnya lebih tinggi daripada tomat hijau.

Itulah 10 bahan alami pelancar BAB yang paling ampuh dan dapat Anda temukan sehari-hari. Selain itu, Anda juga dapat mencoba mengonsumsi teh memperlancar BAB dengan bahan alami seperti daun jati cina dan teh hijau.

Back to Articles