antioksidan untuk melawan radikal bebas

7 Antioksidan Untuk Melawan Radikal Bebas

Seiring bertambahnya usia, normal bagi kulit kita untuk secara bertahap kehilangan elastisitasnya dan menipis. Ini adalah bagian dari proses penuaan alami kulit. Namun, ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan kulit mulai menua lebih cepat, atau yang biasa dikenal dengan penuaan dini.

Sebagian besar penuaan dini ini merupakan hasil aktivitas radikal bebas di tubuh.

Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi oleh paparan lingkungan seperti asap tembakau dan radiasi, termasuk radiasi dari matahari dan sumber sinar UV lainnya. Radikal bebas juga diproduksi saat tubuh Anda memecah makanan.

Antioksidan adalah zat alami yang memberikan perlindungan terhadap dampak radikal bebas yang merusak pada sel-sel di tubuh Anda, termasuk kulit Anda. Bahan antioksidan sudah banyak dipromosikan di sejumlah produk perawatan kulit yang tersedia banyak dipasaran.

9 Antioksidan untuk Melawan Radikal Bebas

  1. Vitamin E

Vitamin E (tocopherol) adalah antioksidan yang ada di kulit dan ditemukan di berbagai makanan, seperti sayuran, biji dan daging.  Ini membantu kulit terlihat lebih muda dengan meningkatkan produksi kolagen dan pada gilirannya mengurangi munculnya garis-garis halus, keriput dan bintik-bintik penuaan.

Tidak seperti vitamin lainnya, kulit mendapatkan lebih banyak manfaatnya dari vitamin E. Vitamin E tersedia dalam dua bentuk: alpha-tocopherol dan alpha-tocopherol acetate. Yang terakhir ini tidak menembus kulit dengan mudah, jadi pastikan Anda membaca label dengan seksama untuk mendapatkan manfaat vitamin E yang maksimal.

  1. Likopen

Likopen merupakan salah satu antioksidan yang kuat untuk melawan radikal bebas. Banyak ditemukan pada buah dan sayuran berwarna merah. Selain menjadi pilihan sehat untuk diet Anda, ini adalah pilihan tepat untuk memperbaiki tekstur kulit karena mempromosikan produksi kolagen dan mengurangi kerusakan DNA yang menyebabkan keriput.

  1. Teh hijau

Teh Hijau adalah antioksidan untuk melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan tubuh yang sudah dikenal luas. Teh Hijau juga dapat membantu dalam mencegah berbagai penyakit mulai dari penyakit jantung hingga penuaan kulit dan penurunan berat badan.

Katekin pada teh hijau adalah antioksidan yang bisa memperbaiki kerusakan sel pada kulit serta memperbaiki keriput dan menghilangkan flek hitam pada wajah.

Saat dioleskan ke kulit, teh hijau bisa mengurangi kerusakan akibat sinar matahari dengan mengurangi peradangan dan mengatasi radikal bebas.

  1. Resveratrol

Salah satu antioksidan untuk melawan radikal bebas adalah Resveratrol. Senyawa ini banyak ditemukan pada buah anggur, kacang-kacangan, buah-buahan, dan anggur merah. Penelitian terpisah telah menunjukkan bahwa ketika dioleskan, resveratrol melindungi kulit terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh UVB dan menghambat tekanan oksidatif yang dimediasi UVB.

  1. Biji Anggur

Ekstrak Biji Anggur dikenal kaya akan proanthocyanidins, yang termasuk dalam keluarga flavonoid. Proanthocyanidins adalah antioksidan  dengan aktivitas penangkal radikal bebas yang kuat. Ekstrak biji anggur telah terbukti menjadi penangkal radikal bebas yang lebih kuat daripada vitamin C dan E.

  1. Genistein

Genistein adalah isoflavon yang berasal dari kedelai dengan kemampuan untuk menghambat kerusakan DNA oksidatif akibat UV. Genistein, baik yang dioleskan secara topikal atau secara oral, terbukti melindungi kulit manusia secara efektif terhadap photodamage kulit yang diinduksi UVB.

  1. Vitamin C

Vitamin C (asam L-askorbat) merupakan nutrisi penting yang hanya bisa ditemukan pada buah dan sayuran sehat. Vitamin C bekerja dengan dua cara: sebagai antioksidan, sekaligus pendorong pembentukan kolagen yang keduanya penting untuk melestarikan dan menjaga penampilan kulit tetap awet muda.

Nah, itulah beberapa antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas. Semoga bermanfaat!

Back to Articles