komplikasi diabetes

Berbagai Komplikasi Penyakit Diabetes yang Wajib Diwaspadai

Seperti kebanyakan penyakit berbahaya lainnya, selain kematian, diabetes melitus juga memiliki komplikasi lanjutan yang juga harus diwaspadai. Penyakit-penyakit lanjutan itu ada yang biasa saja ada pula yang berbahaya dan harus segera ditindaklanjuti.

Meskipun mungkin penyakit diabetes yang diidap sudah tidak bisa disembuhkan, tetapi bukan berarti kita tidak bisa mencegah komplikasi terjadi. Agar lebih berhati-hati, mari pelajari dulu beberapa penyakit lanjutan yang bisa muncul akibat tingginya kadar gula dalam darah.

Baca juga : Kenali Gejala Diabetes Tipe 2

7 Komplikasi Diabetes

Nah, di bawah ini merupakan uraian tentang beberapa komplikasi diabetes yang harus diwaspadai. Siapa tahu informasi di atas bisa menjadi referensi sebelum kita melakukan pengobatan atau tindakan pencegahan lainnya. Mari kita simak ulasannya!

  1. Penyakit Kardiovaskuler

Kardiovaskuler merupakan penyakit lanjutan yang mempengaruhi sistem kerja jantung dan pembuluh darah. Penyakit ini diakibatkan oleh tingginya kandungan kolesterol dan glukosa pada darah yang tidak terkontrol.

Beberapa penyakit yang bisa digolongkan sebagai komplikasi kardiovaskuler adalah: jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke, dan gagal jantung. Karena semua komplikasi yang ditimbulkan cukup berbahaya, tidak heran jika kardiovaskuler tergolong sebagai penyebab utama kematian pada penderita diabetes.

Baca juga : Apakah Keturunan Diabetes Lebih Berisiko Terkena Diabetes?

  1. Gagal Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ yang paling terdampak oleh penyakit diabetes. Tingginya glukosa pada penderita diabetes membuat aliran darah ke ginjal menjadi tidak maksimal atau bahkan gagal.

Inilah mengapa, penderita diabetes cenderung memiliki risiko terserang gagal ginjal lebih tinggi dibanding orang biasa. Menjaga level gula darah pada batas normal dan tidak melebih tekanan darah merupakan tindakan yang harus senantiasa dilakukan oleh penderita penyakit gula.

Baca juga : Makanan Yang Harus Dihindari Pengidap Diabetes

  1. Retinopati

Kebanyakan pasien diabetes akan mengalami gangguan pada mata atau yang dikenal juga dengan retinopati. Tingginya kadar glukosa, kolesterol, dan tekanan darah merupakan penyebab utama komplikasi diabetes ini.

Inilah mengapa, pemeriksaan mata secara berkala dan menjaga kadar gula darah agar tetap normal sangat disarankan bagi penderita retinopati karena jika dibiarkan kondisi ini dapat mengurangi kemampuan melihat penderita atau bahkan menimbulkan kebutaan.

Baca juga : 10 Gejala Diabetes Tipe 1

  1. Kanker

Menurunnya sistem imunitas tubuh akibat hormon insulin yang tidak seimbang dan tingginya glukosa merupakan salah satu komplikasi yang dialami setiap penderita diabetes. Akibatnya, tubuh mereka cenderung rentan terserang bakteri, virus, dan sel kanker yang mengganas.

Beberapa jenis kanker yang mungkin diidap oleh penderita diabetes melitus adalah: kanker payudara, pankreas, endometrium, usus dan rektum, liver, dan kandung kemih.

Kanker sendiri merupakan salah satu penyakit berbahaya yang belum ada obatnya. Untuk mencegah komplikasi ini, mulai sekarang cobalah untuk menghindari makanan dan minuman tidak sehat serta berolahraga secara rutin.

Baca juga : Kenali Gejala Diabetes Pada Wanita Berikut Ini

  1. Hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan bentuk komplikasi diabetes lainnya yang mungkin muncul. Penyakit ini biasanya dialami oleh penderita diabetes melitus yang tergantung pada suntikan insulin. Biasanya hipoglikemia terjadi karena penderita diabetes melakukan diet yang kurang tepat, beraktifitas fisik terlalu berat, atau memaksakan diri saat berolahraga.

Karena asupan insulin dari luar terbatas, kadar gula darah menjadi tidak terkontrol dan cenderung di bawah normal. Jika dibiarkan, kemungkinan terburuk yang akan dialami penderita adalah koma dan kematian.

Baca juga : Diet Tanpa Nasi, Apakah Aman Bagi Kesehatan?

  1. Hiperglikemia

Kebalikan dari penyakit sebelumnya, hiperglikemia merupakan penyakit akibat tingginya kadar glukosa dalam tubuh. Penderita penyakit gula yang mengalami hiperglikemia lebih rentan terserang penyakit DHS atau Diabetic Hypersonolar Syndrome. Penyakit ini merupakan kasus unik dalam dunia kedokteran.

Penderita diabetes melitus dengan komplikasi DHS biasanya akan mengalami pengentalan darah. Untuk mengencerkan darah, tubuh akan mengambil cadangan cairan pada organ lain. Sisa cairan tersebut nantinya dibuang melalui ginjal. Inilah mengapa penderita diabetes yang terkena DHS biasanya sering kencing.

Baca juga : 7 Langkah Menurunkan Diabetes Secara Alami

  1. Depresi

Perjuangan untuk menstabilkan kadar glukosa dan menghadapi berbagai komplikasi seringkali membuat penderita diabetes tertekan. Akibatnya mereka senantiasa merasa cemas dan depresi. Belum risiko terkena penyakit lain yang timbul akibat menurunnya imunitas.  Jika dibiarkan, hal ini dapat menimbulkan depresi akut dan berbahaya. Untuk itulah, pastikan setiap penderita diabetes senantiasa berpikir positif.

Baca juga : Tips Mengatasi Stres Secara Alami

Nah, itulah beberapa komplikasi diabetes yang wajib kita waspadai. Karena bagaimana pun, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi untuk melakukan berbagai tindakan preventif yang mampu mencegah timbulnya komplikasi akibat penyakit gula.

Back to Articles