7 makanan pelancar asi terbaik

Ingin Bayi Sehat? Inilah 7 Makanan Yang Dapat Memperlancar ASI

ASI—air susu ibu—harus diberikan secara eksklusif kepada bayi berumur 0-6 bulan. Selama kurun waktu tersebut, bayi tidak mengonsumsi makanan lain. Meski begitu, kandungan ASI mampu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang bayi.

Menurut hasil penelitian Telethon Institute for Child Health Research, kandungan gizi ASI lebih baik ketimbang susu formula. Makanan ini memberikan efek jangka panjang pada bayi, semisal kekebalan terhadap penyakit dan kecerdasan. Karena itu, seorang ibu harus mengupayakan agar ASI tetap lancar.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan Pasca Melahirkan

Daftar Makanan Pelancar Asi

Nah, berikut ada tujuh makanan pelancar ASI yang bisa Anda konsumsi. Seperti apa kehebatan kandungan dan manfaatnya? Yuk, cari tahu di artikel ini!

  1. Kacang-kacangan, Ikan Salmon, dan lainnya

Protein merupakan salah satu komponen penyusun ASI. Idealnya, dalam kolostrum—ASI 6 bulan pertama—mengandung 2,7 gram protein. Sebagian besar senyawa ini diserap secara sempurna oleh pencernaan bayi.

Fungsi protein adalah mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Karena itu, kadar senyawa tersebut harus selalu tercukupi dalam ASI. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan sumber protein tinggi. Semisal, kacang kedelai, edamame, daun katuk, dan ikan salmon.

Berdasarkan studi Children’s Hospital of Philadelphia, protein harus dikonsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari. Dilansir dari situs Choice Australia, Rachel Clemons mengungkapkan bahwa ibu menyusui wajib mengonsumsi protein minimal 54-67 gram per hari.

Baca juga : Cara Merawat Bayi Agar Tumbuh Sehat dan Cerdas

  1. Sayuran Berwarna Hijau Tua dan Kuning

Anda pernah mendengar ASI encer? Untuk mengentalkannya, bisa dengan mengonsumsi sayuran berwarna hijau. Semisal, daun pepaya, bayam, atau katuk. Daun bayam bahkan mengandung enzim phytoestrogen yang dapat meningkatkan produksi ASI.

Children’s Hospital of Philadelphia menyarankan, ibu menyusui harus mengonsumsi paling sedikit tiga porsi sayuran berwarna hijau dan kuning. Dikutip dari situs BetterHealth, makanan tersebut juga mengandung asam folat yang mendukung perkembangan bayi.

  1. Makanan Sumber Vitamin B6

Salah satu vitamin yang wajib didapatkan oleh ibu menyusui adalah B6. Zat ini mampu menjaga fungsi otak dan sistem neurotransmitter pada bayi. Jadi, 3 bulan pertama pascamelahirkan, asupan vitamin B6 tersebut harus tercukupi dalam ASI.

Menurut riset dalam salah satu jurnal PubMed Health, vitamin B6 sangat penting bagi metabolisme manusia, termasuk bayi. Biasanya, nutrisi ini terdapat pada ikan, sayuran, daging unggas, dan buah pisang.

Baca juga : Bahaya Kekurangan Vitamin B Bagi Tubuh Anda

  1. Makanan dengan Kandungan Zink

Zink atau zat seng sangat dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh bayi. Senyawa ini juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel. Dilansir dari situs Choice Australia, ibu menyusui mesti mengonsumsi minimal 10-12 mg zink per hari.

Jumlah zink dalam ASI harus terpenuhi untuk mencegah dampak defisiensi, seperti diare dan sirosis. Berdasarkan riset National Institutes of Health, zat seng pada ibu menyusui cenderung berkurang. Karena itu, perlu asupan dari luar, misalnya sereal, kacang-kacangan, dan susu untuk ibu menyusui.

  1. Kacang Almond Bisa Melancarkan ASI

Kacang almon menjadi salah satu dari 10 makanan teratas yang dianjurkan untuk ibu menyusui. Pasalnya, kandungan kalsium kacang almon tergolong tinggi. Hal itu juga diungkapkan oleh penulis buku A Breastfeeding Diet Guide with Lactogenic Foods and Herbs—Hilary Jacobson—bahwa almon menjadi sumber kalsium bagi ibu pascapersalinan di India. Selain itu, zat tersebut mampu meningkatkan produksi ASI secara signifikan.

Baca juga : Waspada Baby Blues Syndrome Pasca Melahirkan

  1. Buah Wortel—Sumber Nutrisi Vitamin A dan C

Anda kurang menyukai wortel? Sayuran ini bisa dikonsumsi dengan cara dibuat jus atau dicampur dalam sup. Pasalnya, mau atau tidak, seorang ibu yang sedang menyusui disarankan mengonsumsi wortel.

Dilansir dari Baby Center UK, wortel termasuk makanan diet untuk ibu menyusui. Kandungan vitamin A di dalamnya bermanfaat untuk memelihara kulit dan mata si kecil. Tak hanya itu, wortel pun mengandung vitamin C sehingga bisa menjadi antioksidan.

Baca juga : Vitamin Terbaik Untuk Ibu Menyusui

  1. Buah Pisang—Makanan Mengandung Yodium

Pisang merupakan salah satu makanan yang kerap dikonsumsi ibu menyusui. Selain bisa memperbaiki kualitas ASI, buah ini juga mengandung yodium tinggi.

Yodium dibutuhkan untuk memproduksi hormon tiroid yang menjaga fungsi otak bayi dan perkembangan sistem sarafnya. Karena itu, seorang ibu yang sedang menyusui harus mendapatkan asupan yodium minimal 190μg per hari.

Itulah sekilas mengenai makanan pelancar ASI. Selain mengonsumsi makanan tersebut, Anda juga harus mengimbangi dengan pola hidup sehat. Hindari pula alkohol, minuman yang mengandung kafeina tinggi, serta makanan yang mengandung merkuri.

Baca juga : Mengapa Harus Membersihkan Make Up Sebelum Tidur?

Back to Articles