nutrisi ibu hamil

Daftar Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil Demi Kehamilan Yang Sehat

Kehamilan yang sehat didukung oleh banyak faktor, salah satunya kecukupan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Ini penting karena pada kehamilan yang sehat, janin akan berkembang secara optimal. Pertumbuhan bayi di dalam kandungan pun akan sesuai dengan usianya.

Baca juga : Tahapan Perkembangan Janin

Untuk itu, ibu hamil perlu memperhatikan menu makanan serta asupan nutrisi yang didapatkan tubuh. Berdasarkan data dari Mayo Clinic, setidaknya ada beberapa nutrisi untuk ibu hamil yang harus dicukupi pada masa kehamilan. Berikut di antaranya.

5 Nutrisi Ibu Hamil Yang Harus Dicukupi

  1. Asam Folat

Folat adalah vitamin B yang bermanfaat membantu mencegah cacat tabung saraf serta kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang. Asam folat adalah bentuk sintetis folat yang bisa ditemukan pada makanan atau suplemen. Cukupnya asam folat pada ibu hamil juga dapat mengurangi risiko kelahiran prematur.

Jumlah folat atau asam folat yang dibutuhkan sebelum pembuahan dan selama kehamilan adalah sekitar 400 hingga 800 mcg per hari. Asam folat bisa didapatkan dari sayuran berdaun hijau, buah-buahan sitrus, dan kacang-kacangan.

Sebagai perbandingan, dalam setengah mangkok bayam rebus, misalnya, terdapat sekitar 90 mcg asam folat. Dalam sebuah jeruk berukuran kecil, terdapat 29 mcg asam folat.

Baca juga : Proses Melahirkan Normal

  1. Kalsium

Baik Ibu maupun bayi di dalam kandungan membutuhkan kalsium untuk memperkuat tulang dan gigi. Kalsium juga sangat bermanfaat membantu sistem peredaran darah serta membantu agar sistem saraf dan otot berjalan dengan normal.

Kebutuhan kalsium pada ibu hamil adalah sekitar 1.000 miligram hingga 1.300 miligram per hari. Sumber kalsium yang dapat diserap dengan baik berasal dari produk susu. Kalsium juga bisa didapatkan dari brokoli dan kangkung serta jus buah dan sereal.

Sebagai perbandingan, semangkok susu biasanya mengandung sekitar 299 kalsium. Satu ons keju mengandung 222 mg. Sementara itu, salmon seberat 3 ons mengandung 181 mg.

Baca juga : 7 Keluhan Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

  1. Vitamin D

Fungsi vitamin D adalah untuk memperkuat tulang. Vitamin D juga membantu membangun tulang dan gigi bayi. jumlah kebutuhan vitamin D per hari adalah 600 IU. Sumber vitamin ini adalah ikan berlemak, seperti salmon. Susu dan jus jeruk juga dapat menambah asupan nutrisi vitamin D pada ibu hamil.

Dalam setiap 3 ons ikan salmon, terdapat 570 IU vitamin D. Dalam semangkok susu, terdapat 115 IU vitamin D. Sebutir telur mengandung 44 IU vitamin D.

Baca juga : Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Baik Bagi Kesehatan Janin

  1. Protein

Manfaat protein sangat penting bagi pertumbuhan janin. Kebutuhan ibu hamil akan protein per hari adalah 71 gram. Protein bisa didapatkan dari daging tanpa lemak, daging unggas, dan telur. Pilihan lainnya adalah kacang-kacangan dan biji-bijian.

Pada salmon seberat 3 ons, misalnya, terdapat 17 gram protein. Pada semangkuk susu, terdapat 8 gram protein. Sementara itu, sebuah telur rebus mengandung 6 gram protein.

  1. Zat Besi

Zat besi digunakan oleh tubuh untuk membentuk hemoglobin, yaitu jenis protein yang terdapat dalam sel darah merah dan bertugas membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Nah, dalam masa kehamilan, ibu membutuhkan zat besi dua kali lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak hamil. Zat besi ini digunakan untuk memasok oksigen pada janin.

Kurangnya hemoglobin dapat menyebabkan anemia pada ibu hamil. Dampaknya, tubuh menjadi cepat lelah. Defisiensi zat besi dalam jumlah yang banyak bahkan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, kelahiran dengan berat badan lahir rendah, dan depresi usai melahirkan.

Zat besi bisa didapatkan dari daging tanpa lemak, daging unggas, dan ikan. Pilihan lainnya adalah kacang-kacangan dan sayur-sayuran.

Baca juga : Fakta Seputar Operasi Caesar

Manfaat Bio Strath Untuk Ibu Hamil

Selain itu, ibu hamil juga bisa mencukupi nutrisi dengan mengonsumsi Bio Strath yang mengandung 61 nutrisi berbeda. Suplemen ini terbukti dapat meningkatkan kadar hemoglobin pada masa kehamilan.

Dikutip dari YouBabyAndI.com, inilah beberapa manfaat Bio Strath pada masa kehamilan dan sesudah kehamilan :

  • Mengembalikan stamina dan vitalitas tubuh
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Sumber zat besi
  • Mencukupi nutrisi pada saat hamil dan menyusui

Jadi, selain dengan makanan yang bergizi, anda juga dapat mencukupi nutrisi ibu hamil dengan Bio Strath demi kehamilan yang sehat dan lancar. Demikian penjelasan singkat mengenai nutrisi ibu hamil yang perlu diketahui.

Back to Articles