cara agar cepat hamil

Tips Alami Untuk Cepat Mendapatkan Momongan

Setelah menikah, pasangan suami istri dihadapkan pada dua pilihan, yaitu segera memiliki momongan atau berencana menundanya. Alasannya berbeda-beda, mulai dari kondisi finansial hingga kesiapan suami dan istri untuk merawat anggota keluarga baru. Nah, jika Anda dan pasangan termasuk dalam kelompok pertama, simak beberapa cara agar cepat hamil berikut ini.

Baca juga : Fakta Seputar Bayi Tabung

5 Cara Agar Cepat Hamil

1. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan apakah Anda dan pasangan siap untuk memulai program kehamilan. Ada setidaknya 2 faktor yang berpengaruh dalam hal ini, yaitu sejarah kehamilan dan hasil tes kesehatan.

Kehamilan ektopik yang terjadi sebelumnya, misalnya, dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya ketidaksuburan. Sementara itu, hasil tes kesehatan bisa menjadi acuan untuk mengetahui masalah yang menyebabkan kehamilan tidak kunjung terjadi.

Baca juga : Kebiasaan Yang Dapat Merusak Kesuburan Pria

2. Mengetahui Masa Subur

Berdasarkan siklus tubuh wanita, masa subur adalah sekitar 5 hari sebelum ovulasi terjadi. Ovulasi merupakan proses pelepasan sel telur (ovum) dari ovarium (indung telur) ke tuba fallopi. Pada wanita, waktu ovulasi berbeda-beda tergantung pada siklus menstruasinya. Namun, pada siklus normal, yaitu 28 hari, ovulasi terjadi pada hari ke-14.

Sel telur yang dilepaskan dalam proses ovulasi dapat bertahan selama 12-24 jam. Jika sperma dapat bertemu sel telur pada saat itu, kehamilan akan terjadi. Menariknya, kehamilan juga berpeluang terjadi apabila hubungan intim dilakukan pada masa subur karena sperma dapat bertahan hidup di tubuh wanita hingga 3-5 hari.

Baca juga : Cara Menghitung Masa Subur Wanita

3. Melakukan Hubungan Intim Secara Teratur

Setelah mengetahui masa subur tersebut, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengatur jadwal berhubungan intim. Selain melakukannya secara rutin, tips lain yang perlu diperhatikan adalah memilih waktu pada pagi hari untuk melakukan hubungan intim. Pada pagi hari, pria biasanya mengalami ereksi.

4. Mengonsumsi Makanan Pendukung

Cara agar cepat hamil selanjutnya adalah rutin mengonsumsi makanan pendukung, khususnya makanan yang mengandung vitamin E. Vitamin E sangat berperan dalam meningkatkan kesuburan. Menurut penelitian yang diadakan pada 2010 oleh para ahli dari Jepang dan dipublikasikan dalam Jurnal Fertility and Sterility, wanita yang rutin mengonsumsi vitamin E akan mengalami penebalan dinding rahim. Hal ini sangat penting dalam proses pembuahan dan kehamilan.

Sementara itu, bagi pria, vitamin E yang dikombinasikan dengan selenium terbukti dapat meningkatkan kualitas sel sperma. Studi yang dirilis pada 2011 di International Journal of General Medicine ini menegaskan bahwa dengan asupan vitamin E yang cukup, pergerakan sperma menjadi lebih aktif.

Makanan yang mengandung banyak vitamin E adalah sayuran berdaun hijau, daging sapi, telur, kacang-kacangan, dan minyak nabati. Selain dari makanan, kandungan vitamin E juga dapat Anda peroleh dari Sano E.

5. Mengatasi Stres

Wanita rentan mengalami stres. Faktor penyebabnya beragam, mulai dari tuntutan di tempat kerja, kejenuhan, hingga kondisi lingkungan yang tidak kondusif. Stres dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesuburan pada wanita, yaitu tersumbatnya saluran telur (tuba fallopi), menurunnya gairah untuk melakukan hubungan intim, serta terjadinya gangguan dalam proses ovulasi.

Baca juga : Hindari Kebiasaan Ini Ketika Menjalankan Program Hamil

Oleh karena itu, salah satu cara agar cepat hamil adalah selalu berusaha untuk mengatasi stres dengan baik. Caranya mudah, yaitu dengan rutin berolahraga, melakukan hobi, dan beristirahat dengan cukup. Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan agar cepat hamil adalah berjalan kaki, berlari, berenang, dan yoga atau pilates.

6. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Agar cepat hamil, seorang wanita harus menjaga kesehatan tubuh. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti merokok, minum minuman beralkohol, meminum obat tanpa resep dokter, atau mengonsumsi makanan yang tidak bernutrisi. Hal-hal ini akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kesuburan wanita maupun pria.

Baca juga : Tanda Tanda Kehamilan

Nah, demikian beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan agar cepat hamil. Jangan lupa, berkonsultasilah pada dokter untuk menentukan program kehamilan yang tepat. Dengan demikian, peluang terjadinya kehamilan pun akan semakin besar. Selamat mencoba.

Back to Articles